Ciri-ciri Gusi yang Sehat



Tidak bisa dipungkiri bahwa senyum yang indah merupakan dambaan setiap orang dan gusi yang sehat berperan penting untuk mewujudkannya. Dengan mengetahui ciri-ciri atau gambaran gusi yang sehat, akan membantu kita untuk mengenal kondisi-kondisi gusi yang tidak normal sehingga dengan demikian bisa mendapat perawatan segera dan tidak berlanjut menjadi lebih parah.

Gusi yang sehat pada umumnya berwarna merah muda atau coral pink, meskipun pada beberapa individu terdapat variasi-variasi normal lainnya misalnya pada penduduk Afrika dan Asia karena adanya sel-sel melanin (melanosit) yang memberi gambaran pigmentasi agak kecoklatan pada gusi.

Gusi normal juga menunjukkan konsistensi yang kenyal, merekat erat pada tulang di bawahnya, tidak ada pertambahan ukuran atau pembesaran gusi dan tidak mudah koyak. Tekstur permukaan gusi terdapat stippling pada gusi cekat. Stippling merupakan tekstur permukaan gusi yang berbintik-bintik seperti kulit jeruk, terjadi oleh karena proyeksi lapisan papilar lamina propria yang mendorong epitel menjadi tonjolan bulat berselang-seling dengan pelekukan epitel. Stippling ini dapat terlihat pada gusi ketika dalam keadaan kering.

Selain itu, gingiva atau gusi yang sehat tidak akan berdarah pada saat probing (pemeriksaan saku gusi dengan menggunakan probe periodontal) atau saat dipalpasi/ditekan dengan jari, terlebih saat menyikat gigi.

Nah, apabila ada dari kita yang tidak menunjukkan ciri-ciri gusi yang sehat seperti di atas, kemungkinan memang terjadi suatu penyakit pada gusi. Sebaiknya segera periksakan gigi dan mulut ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan.

Tidak ada komentar

Posting Komentar