Lomba poster - PDGI Manado Expo II 2016

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) ke-66, PDGI cabang Manado kembali menggelar acara PDGI Manado Expo. Tahun ini merupakan pelaksanaan PDGI Manado Expo yang kedua, setelah tahun 2015 sukses dengan PDGI Manado Expo I.

Selama ini, untuk menjangkau masyarakat luas, kegiatan PDGI cabang Manado berupa bakti sosial kesehatan, penyuluhan dan sebagainya diselenggarakan di daerah-daerah terpencil yang bahkan tenaga dokter gigi dan perawat giginya pun tidak ada. Tidak cukup dengan itu, PDGI Manado Expo kemudian mengusung sebuah acara konsultasi gigi, dental health education yang lebih menarik melalui lomba-lomba dan konsultasi dalam mall atau lebih singkatnya, PDGI masuk mall, dalam hal ini di Mantos Manado. Kegiatan ini diadakan di Mantos dengan mempertimbangkan animo masyarakat Manado yang sangat suka/hoby (hehehehhe) masuk mall, dan dengan adanya PDGI masuk mall ini, diharapkan lebih efektif menjangkau seluruh kalangan masyarakat Manado.

Dalam kegiatan ini, digelar berbagai kegiatan: acara konsultasi gigi untuk pengunjung mantos, pameran alat kedokteran gigi, pameran hasil kreativitas mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Gigi (PSPDG) FK Unsrat, hands on gratis bagi dokter gigi, berbagai lomba, dan lain-lain.

Salah satu lomba yang diadakan dalam kegiatan PDGI Manado Expo II ini yaitu lomba poster yang diperuntukkan untuk siswa/siswi SMP. Tema poster kali ini adalah percaya diri dengan senyum sehat yang dapat berupa ajakan untuk rajin menyikat gigi, rajin memeriksakan gigi ke dokter gigi, dan tentang kesehatan gigi secara umum. Posternya harus dibuat di kertas A3, tidak boleh menggunakan media elektronik baik itu laptop, komputer, hp, dan lain-lain.

Sosialisasi lomba dilakukan dengan menyurat ke sekolah-sekolah, bagi-bagi brosur, iklan di radio, surat kabar, media sosial, dari mulut ke mulut, dan lain-lain. Diharapkan dengan mengikuti lomba ini, anak-anak usia sekolah dapat belajar secara mandiri mengenai kesehatan gigi melalui poster yang dibuatnya. Atau dengan kata lain, para tenaga kesehatan khususnya dokter gigi, tanpa perlu memberikan dental health education, anak-anak sudah mencari tahu sendiri cara menjaga kesehatan gigi mereka.

Animo anak SMP untuk mengikuti lomba poster ini cukup besar. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya peserta yang ikut mendaftar lomba poster. Dari sekian banyak yang mengikuti lomba poster ini, dipilih 10 besar untuk tampil mempresentasikan posternya di babak final di Mantos hari Sabtu tanggal 23 Juli 2016. Setelah itu akan dinilai oleh dewan juri dan didapatkan 3 besar. Juri lomba poster tingkat SMP:
1. drg. Dinar Arum Wicaksono, Sp.KG
2. drg. Michael Andreas Leman, MMedEd
3. drg. Elita Martisa Tambunan, M.Kes

Poster yang masuk di panitia dan merupakan hasil karya siswa SMP di Manado di antaranya:






















Bagaimana? Posternya bagus-bagus kan? Siswa/siswi SMP Manado memang hebat-hebat. Yuk saksikan rangkaian acaranya di Mantos 3, Jumat-Minggu tanggal 22-24 Juli 2016. Don't miss it!!!

Tidak ada komentar

Posting Komentar